Gage Mulai Senin, Tije Luncurkan Tambahan 155 unit Armada Pada 10 Ruas Koridor yang Bersinggungan dan Mengoperasikan 3 Rute Tambahan pada Non koridor

Jelang mulai berlakunya kebijakan ganjil genap (GAGE) setiap hari Senin – Jumat oleh Pemprov DKI dan Polda Metrojaya pada Senin (03/08/2020), Transjakarta akan menambah armada pada ruas kordior yang terimbas dengan kebijakan tersebut. Penambahan sebesar 25% atau 155 unit armada ini mulai disterilisasi dan disiapkan secara teknis untuk di luncurkan hari Senin esok.

Penambahan ini dilakukan untuk antisipasi lonjakan pelanggan pada waktu tersebut dengan tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol pencegahan COVID19 yaitu 50% dari kapasitas angkut dan mempercepat pengosongan halte pada jam-jam dimana sistem gage diterapkan yaitu pagi mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB dan sore hari mulai pukul 16.00 – 21.00 WIB. Keseluruhan armada tersebut akan disebar di 10 koridor yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan yang terkena imbas kebijakan gage.

Sepuluh koridor Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta yang bersinggungan dengan gage dan penambahan armada sebanyak 25% difokuskan di dalam koridor koridor dibawah ini:
KORIDOR 1 BLOK M – KOTA,
KORIDOR 2 PULO GADUNG 1 – HARMONI,
KORIDOR 3 KALIDERES – PASAR BARU,
KORIDOR 4 PULO GADUNG 2 – DUKUH ATAS 2,
KORIDOR 5 KAMPUNG MELAYU – ANCOL,
KORIDOR 6 RAGUNAN – DUKUH ATAS 2,
KORIDOR 7 KAMPUNG RAMBUTAN – KAMPUNG MELAYU,
KORIDOR 8 LEBAK BULUS – HARMONI,
KORIDOR 9 PINANG RANTI – PLUIT,
KORIDOR 10 PGC 2 – TANJUNG PRIOK.

Sehingga total armada beroperasi di 13 koridor pada masa gage akan mencapai 871 unit dan siap operasi untuk senin esok.

Transjakarta juga melakukan pengoperasian kembali tiga rute non koridor untuk melayani 5 (lima) RUSUN mulai tanggal 1 Agustus 2020 yang sebelumnya ditiadakan selama masa pandemi yaitu:
L2 PULO GADUNG – HARMONI VIA PRAMUKA
10D KAMPUNG RAMBUTAN – TANJUNG PRIOK
2F RUSUN CAKUNG BARAT – PULO GADUNG
3A RUSUN PESAKIH – KALIDERES
11B RUSUN RAWA BEBEK – PENGGILINGAN
11C RUSUN PINUS ELOK – RUSUN PULO GEBANG
11K RUSUN KOMARUDIN – PENGGILINGAN

Transjakarta tetap meminta pelanggan untuk memperhatikan hal hal sebagai berikut agar keselamatan bersama baik itu keselamatan sesama pelanggan maupun petugas yang sedang melayani dapat terjaga dengan:

1. Tetap dirumah saja apabila tidak ada keperluan sangat mendesak. Penerapan gage dimasa pandemi diadakan untuk membantu warga mengatur waktu perjalanan lebih terencana degan baik sehingga mengurangi penumpukan di area perkantoran pada satu waktu.
2. Memastikan kondisi tubuh benar – benar fit dan sehat dan tidak memaksakan diri untuk bepergian kalau dirasakan kurang sehat.
3. Mengatur jadwal keberangkatan dengan baik dan selalu mengingatkan diri dan sesama pelanggan untuk tidak berdesakan di halte maupun di dalam bus (minimal jarak antar pelanggan adalah 1 meter atau satu lencang tangan orang dewasa).
4. Memperkuat perlindungan diri pada saat bepergian dengan memastikan masker selalu terpasang pada saat perjalanan, tidak ngobrol selama perjalanan, menggunakan pakaian tertutup, dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan proteksi ganda berupa face shield setelah menggunakan masker.
5. Menempati posisi duduk atau berdiri sesuai dengan rambu yang sudah dipasang di dalam bus maupun halte dan mematuhi himbauan petugas.

Transjakarta sebelumnya telah menerapkan kebijakan penurunan kapasitas maksimum dalam halte hingga hanya 50%, melakukan percepatan headway (waktu kedatangan bus di halte) pada jam sibuk selama PSBB transisi 1 dan 2 berlangsung dan tetap menerapkan kebijakan tersebut dengan menambah jumlah armada pada waktu waktu dimana gage diberlakukan. Kebersihan dan kesterilan armada juga terus diberlakukan secara konsisten sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID 19 yaitu pembersihan dengan disinfektan 3 (tiga) kali dalam sehari dan pembersihan handgrip dilakukan di halte akhir agar kebersihan armada tetap terjaga saat beroperasi.

Bagi warga Cibubur yang perlu ke kantor di wilayah Sudirman Thamrin maupun Kuningan, Transjakarta sangat merekomendasikan untuk dapat menggunakan Royal Trans tanpa antrian dengan mengaktifkan pemesanan tempat duduk terlebih dahulu (pre-order seat) melalui applikasi Tijeku untuk layanan Royal Premium rute
1K CIBUBUR JUNCTION – BLOK M
6P CIBUBUR – KUNINGAN

Ingat 3 M, Menggunakan masker di area Transjakarta, menjaga jarak di halte maupun di bus, serta mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir selama minimal 30 detik sebelum menyentuh area wajah. Simak selalu media sosial resmi kami di Twitter : @PT_Transjakarta dan Instagram : @pt_transjakarta untuk mendapatkan informasi resmi mengenai informasi terkait layanan terkini kami.

 

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)