Lakukan Rute Pengalihan Koridor 3, Transjakarta Berikan Bantuan Makanan & Alat Kebersihan bagi Korban Banjir yang Mengungsi ke Halte Transjakarta

Per hari ini, 3 Januari 2020, sekitar 140 orang pengungsi menggunakan halte Transjakarta yang terletak di Koridor 3 (rute Harmoni – Kalideres). Angka ini sudah berkurang dari sejumlah kurang lebih 300 orang pada 1 Januari lalu.

Titik pengungsian berada di Halte Dispenda, Jembatan Gantung, Taman Kota, dan Jembatan Baru serta depo Transjakarta di Pesing yang dijadikan lokasi persinggahan sementara warga sekitar yang rumahnya tergenang hingga air surut dan bisa kembali kerumah.

Sejak banjir tanggal 1 Januari 2020 beberapa layanan Transjakarta sempat terhenti dikarenakan air yang menggenang di sekitar jalur dan jalan raya. Untuk itu, warga mencari lokasi terdekat untuk singgah sementara hingga air surut.

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) yang merupakan perusahaan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperbolehkan warga untuk mengungsi di halte Transjakarta sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta yang meminta jajaran Pemprov untuk membantu warga yang terdampak banjir, “ada beberapa halte Transjakarta dan depo yang dijadikan oleh warga sebagai tempat pengungsian,” tutur Nadia

Tidak hanya tempat singgah, Transjakarta juga memberikan bantuan berupa makanan siap saji, obat-obatan, kue kering, susu, alat kebersihan (tisue basah), cairan antiseptik dan lainnya untuk warga yang ada di sana.

Pada saat Transjakarta membagikan bantuan di Depo TransJakarta Pesing terlihat ada sebanyak 150 orang warga lansia, dewasa dan anak-anak. Sementara untuk di Halte Dispenda Samsat terdapat 30 warga lansia, dewasa, dan anak –anak. Sedangkan, untuk di Halte Dispenda Jembatan Baru terdapat 120 warga lansia, dewasa, dan anak –anak tinggal serta halte Jembatan Gantung sekitar 10 orang.

Kemudian untuk pendistribusian bantuan ini sendiri sambung Nadia dilakukan pada Kamis, 02/01/2020 dengan memanfaatkan truk operasional mekanik TransJakarta. Hal ini disebabkan saat banjir mengepung Jakarta, lokasi tersebut belum bisa diakses kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
“Kami berharap bantuan ini dampat bermanfaat bagi warga yang terkena dampak banjir, dan air cepat surut sehingga warga dapat melakukan aktifitasnya lagi seperti biasa,” imbuh Nadia.

Nadia mengungkapkan bahwa mulai pukul 19:00 WIB tim operasional Transjakarta sedang melakukan ujicoba melayani rute koridor 3 menggunakan jalur regular yaitu dari halte Harmoni – Sumber Waras – Grogol 1- Jelambar setelah itu masuk jalur regular sampai dengan halte Rawa Buaya, hingga Kali Deres. Sedangkan Kalideres arah Harmoni, dari Kalideres ke Rawa Buaya lalu masuk jalur regular dan melayani langsung ke halte Jelambar kemudian halte Harmoni. Adapun halte yang tidak dilayani adalah halte Indosiar, Taman Kota, Jembatan Gantung, Dispenda, dan halte Jembatan Baru.

Pengalihan rute ini dilakukan mengingat masih adanya beberapa separator yang melintang di jalur Transjakarta dan sedang dilakukan perbaikan.”

Kami mengapresiasi tim Dinas Bina Marga yang telah membantu merapikan berbagai separator pembatas jalan di sepanjang lintas koridor Transjakarta yang terkena imbas derasnya luapan air sungai dan tingginya curah hujan 3 hari terakhir. Kerja keras dan gotong royong tim kuning tersebut menjadikan warga kembali dapat menggunakan layanan yang aman dan nyaman di dalam koridor Transjakarta.*