Transjakarta gelar Uji Pemeriksaan Unit Mikrotrans di Tanah Abang

Setelah 110 unit Mikrotrans melayani wilayah Tanah Abang, PT Transportasi Jakarta kian gencar melakukan sosialisasi Mikrotrans. Salah satunya melalui program Posko Jak Lingko unit Mikrotrans. Program ini merupakan upaya pendekatan diri ke mitra mikrotrans yang dilakukan Transjakarta guna menambah jumlah unit yang layak untuk bergabung di program Jak Lingko.

“Posko istilah di Transjakarta sama dengan Kantor pusat, artinya kami akan menjadikan posko di sini sama pelayanannya dengan posko di kantor pusat Cawang”, tutur Achmad Izzul Waro, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta di Tanah Abang pagi ini.

Izzul menjelaskan bahwa selama ini pemeriksaan uji kendaraan Mikrotrans hanya dilakukan di Kantor Pusat Transjakarta Cawang Jakarta Timur dan menjadi kendala bagi mitra di tanah Abang untuk melakukan Proses pengecekan dan verifikasi.

Izzul menargetkan akan ada 300 unit mikrotrans yang akan beroperasi di Tanah Abang dan terintegrasi dengan layanan Transjakarta.

“Saat ini unit Mikrotrans yang beroperasi di Tanah Abang total sudah 110 unit, kita menargetkan bulan depan dapat bergabung 300 unit tambahan untuk wilayah Tanah Abang”, Jelasnya. “Dan hari ini kami menargetkan 34 unit armada yang akan lulus uji pemeriksaan unit kendaraan”, Jelasnya.

Posko Jak Lingko unit Mikrotrans  pertama ini digelar di pintu masuk selatan Blok B Tanah Abang Jakarta Pusat. Izzul juga menjelaskan bahwa tim Transjakarta di posko Jak Lingko siap memberikan informasi dan solusi yang berhubungan dengan kendala yang dihadapi oleh mitra operator saat akan bergabung dalam program integrasi operator unit bus kecil ini. Bersinergi dengan PD Pasar Jaya, PT Transportasi Jakarta juga membuka booth yang melayani  penjualan kartu Jak lingko kepada pengunjung pasar Tanah Abang. Izzul juga berencana mengadakan program Posko Jak Lingko unit Mikrotrans secara berkala dengan lokasi  berbeda. “Nanti kita akan mengadakan posko Jak Lingko di tempat yang berbeda”, pungkasnya. Geliat aktivitas Tanah Abang yang tak pernah sepi, menjadi pemacu semangat PT Transportasi Jakarta untuk menghadirkan transportasi nyaman dan terintegrasi di tanah abang untuk mengurangi kemacetan.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah Transjakarta untuk mendukung percepatan program Pemprov DKI Jakarta menghadirkan 10.047 unit angkutan umum yang nyaman dan aman untuk masyarakat.

Kelengkapan dan kelayakan teknis persyaratan Utama

Direktur Teknik dan Fasilitas PT Transportasi Jakarta Yoga Adiwinarto turut hadir untuk memastikan Pemeriksaan Unit Mikrotrans ini berjalan dengan baik. “Yang petama kami periksa adalah Dokumen Perizinan seperti Keur, STNK dan Kartu Pengawasan, yang kami cek adalah masa berlaku dari dokumen tersebut”, Jelas Yoga “Setelah dokumen periizinan kemudian kami melakukan pemeriksaan fisik mulai dari interior sampai eksterior apakah rem masih berfungsi dengan baik, lampu menyala dan komponen lainnya” lanjutnya. Yoga menambahkan pemeriksaan itu guna memenuhi Standar Pelayanan Minimal Yang sudah ditetapkan PT Transportasi Jakarta untuk memastikan kendaraan aman dan nyaman bagi pelanggan Mikrotrans.

 

 

Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)